UA-70817388-1

Pages - Menu

Kamis, 12 Juni 2014

FILSAFAT DAN SEJARAH OLAHRAGA VOVINAM

BAB I
PENDAHULUAN

I.1 Latar Belakang
Cabang olahraga baru di arena Sea Games tersebut adalah cabang olahraga Vovinam. Vovinam adalah olahraga bela diri khas dari Vietnam, olahraga bela diri Vovinam yang berasal dari Vietnam akan menambah jumlah olahraga yang dipertandingkan khususnya dalam cabang olah raga yang dikategorikan beladiri., . Vovinam adalah bela diri yang berasal dari Vietnam dan baru pertama kali dipertandingkan dalam SEA  Games XXVI 2011.
Olahraga bela diri ini menggabungkan ketegasan pencak silat dan kelembutan wushu. Pada dasarnya ada kemiripan antara Vovinam dengan cabang olahraga silat, yang merupakan bela diri khas Indonesia. Sehingga, semua atlet Vovinam Indonesia punya keahlian pencak silat. Atlet pelatnas vovinam rata-rata berasal dari cabang pencak silat. Oleh sebab itu, mereka tidak mengambil kuda-kuda untuk melindungi kepala karena di pencak silat dilarang mengenai kepala. Sebaliknya di cabang vovinam, apabila mengenai kepala lawan justru mendapat poin.
Kesulitan masih dialami di nomor pertandingan (battle), karena teknik dalam serangan memakai kaki agak berbeda dengan silat. Tendangannya lebih mengarah ke leher atau bagian atas. 
I.2 Rumusan Masalah
1.      Apa yang saya ketahui tentang Vovinam?
2.      Siapa yang memperkenalkan olah raga Vovinam?
3.      Bagaimana teknik - teknik dasar  olahraga Vovinam?
4.      Bagaimana perkembangan Vovinam  di Indonesia khususnya pada Sea Games 2011?
I.3 Tujuan Penulisan
1.      Mengetahui tentang olahraga Vovinam.
2.      Mengetahui siapa yang memperkenalkan olahraga Vovinam.
3.      Mengetahui teknik – teknik dasar olahraga Vovinam.
4.      Mengetahui perkembangan Vovinam di Indonesia khususnya pada Sea Games 2011



BAB II
PEMBAHASAN

II.1 Vovinam
          Vovinam dikenalkan oleh Nguyễn Lộc (8 April 1912 - 4 April 1960). Nguyễn lahir
di Huu Bang, Distrik Thach That, Propinso Son Tay, Vietnam, anak termuda dari
lima bersaudara. Ayahnya, Nguyễn Dinh Xuyen dan ibu Nguyễn Thị Hoa, selalu
berpindah-pindah dan terakhir bermukim di dekat Hanoi.
Nguyen memperkenalkan vovinam sebagai seni bela diri tradisional Vietnam pada1938. Setelah diadakan demonstrasi di Hanoi pada 1939. Dalam masa mudanya ia adalah pelatihan seni bela diri tradisional Vietnam. Pada tahun 1938, Nguyễn memperkenalkan gayanya "Vovinam" kepada publik. Setelah demonstrasi pada tahun 1939 di Ha Noi, Vovinam cepat menyebar di seluruh negeri, dan internasional ke Vietnam melalui dispora Prancis. Setelah kematian Nguyễn pada tahun 1960, Grandmaster Le Sang melanjutkan pengembangan dan distribusi di seluruh dunia Vovinam sampai kematiannya terakhir pada 27 September 2010.
II.2 Cara Dasar Permainan Vovinam
Vovinam dipraktekkan dengan dan tanpa senjata . Hal ini didasarkan pada prinsip antara keras dan lembut . Ini termasuk pelatihan tubuh serta pikiran. Menggunakan kekuatan dan reaksi dari lawan. Vovinam juga termasuk tangan , siku , tendangan , melarikan diri-dan Levering teknik. Kedua serangan dan teknik pertahanan dilatih, serta bentuk , memerangi dan tradisional gulat . Berbagai teknik termasuk meninju, menendang dll serta bentuk , gulat , pedang , staf , kapak , kipas lipat dan lain-lain.
Teknik pertahanan diri mencakup pertahanan terhadap serangan bersenjata seperti tercekik dari belakang dan pertahanan terhadap serangan dengan pisau atau pedang. Lanjutan siswa belajar untuk menggabungkan teknik dan belajar untuk membela diri terhadap lawan bersenjata. Instruktur melatih senjata tradisional seperti tongkat panjang, tongkat pendek, pisau, pedang dan pedang. Dengan demikian senjata berfungsi sebagai perangkat pelatihan untuk mencapai kontrol optimal tubuh dan pikiran


II.3 Teknik – Teknik Vovinam
ü Teknik Tangan (đòn mainan)
ü  Teknik Siku(CHO)
ü Teknik Menendang (Đà)
ü Teknik Lutut (GOI)
ü  Bentuk (Quyen, Song Luyện, Đà Luyện)
ü  Teknik Serangan (Chienlược)
ü Gulat tradisional(PPN)
ü Serangan Kaki mengambil kebawah (đòn chan tan Cong)
ü  Staf (con)
ü  Pedang (Kiem)
ü Tombak Berkapak (Dai Dao)



II.4 Jurus- Jurus Vovinam
a)      Don Chan 
Teknik serangan kejutan bertujuan menjatuhkan lawan dengan menjepit tubuh lawan memakai kaki, lalu membantingnya. Sasaran jepitan kaki itu mulai dari kaki hingga kepala.
b)      Don Chan Tan Cong so 12 
Melompat tinggi dengan kaki membuka seperti gunting, menjepit kepala lawan di antara kaki, lalu memutar badan untuk membanting. Ini salah satu teknik andalan vovinam.
c)      The Khoa Go Can Ban 
Jurus-jurus khoa adalah teknik melepaskan diri dari cengkeraman atau cekikan lawan.
d)     The Khoa Go Can Ban so 1 
Saat lawan mencekik leher, lebarkan kaki, tekuk kedua lutut, dan hajar bagian dalam sikut lawan untuk melonggarkan cengkeraman, lalu pukul leher lawan menggunakan bagian sisi telapak tangan, dilanjutkan menarik kepala lawan ke arah dada sendiri sambil menendang dada lawan dengan lutut.
e)      Don Chan Tan Cong so 1 
Melompat, lalu satu kaki menendang lutut, sedangkan kaki lain mengait pergelangan kaki
f)       Chien Luoc 
Strategi tarung menyerang berisi serangkaian pukulan, tendangan, dan bantingan.
g)      Chien Luoc Hai 
Strategi dengan satu serangan tipuan dan ditutup dengan satu bantingan. Dimulai dengan tinju lurus ke arah dada agar lawan menangkis sehingga bagian kepala tidak terlindungi. Lalu dengan cepat tangan kanan menebas leher bagian kiri lawan dari depan, sementara pada saat yang sama kaki kanan menghajar lutut kaki kiri lawan sampai terangkat sehingga lawan kehilangan keseimbangan dan jatuh. 

II.5 Mirip Dengan Pencak silat
          Vovinam mirip dengan cabang pencak silat, seni bela diri khas Indonesia sehingga atlet Vovinam Indonesia umumnya punya keahlian pencak silat dan atlet vovinam SEA GAMES berasal dari cabang pencak silat.
"Mereka tidak mengambil kuda-kuda untuk melindungi kepala karena di pencak silat dilarang mengenai kepala. Sebaliknya di cabang vovinam, apabila mengenai kepala lawan justru mendapat poin," demikian penjelasan dalam laman tentang vovinam.
II.6 Prinsip Vovinam
Istilah ini Việt VO Đạo ("jalan ( Dao ) dari Viet Vo ") diciptakan oleh patriark dari generasi ke-2 dari Viet Vo Dao Vovinam, Grand Guru Le Sang dengan tujuan untuk menambah dimensi filosofis seni bela diri. Ini "Viet Vo Dao" terdiri dari sepuluh prinsip:
1.      Vovinam murid yang bersumpah untuk mengejar kemahiran yang tinggi dalam seni bela diri mereka untuk melayani masyarakat dan kemanusiaan.
2.      Janji untuk setia kepada niat dan pengajaran Vovinam dan mengembangkan generasi muda Viet Vo Dao Vovinam
3.      Jadilah bersatu dalam roh dan hati, sesepuh menghormati seseorang, berbuat baik kepada teman-teman seseorang.
4.      Disiplin benar-benar menghormati, menjaga standar tinggi dari perilaku pribadi dan kehormatan seorang murid seni bela diri.
5.      Menghormati sekolah seni bela diri lainnya, hanya menggunakan keterampilan seni bela diri untuk pertahanan diri dan melindungi keadilan.
6.      Jadilah rajin, memperkuat pikiran, memperkaya pemikiran seseorang & perilaku.
7.      Hidup sederhana, dengan kesucian, kesetiaan, prinsip-prinsip dan etika yang tinggi.
8.      Membangun semangat tekad baja dan kekuatan, mengatasi kekuatan kekerasan.
9.      Membuat penilaian cerdas, melakukan perjuangan dengan ketekunan dan bertindak dengan kewaspadaan.
10.  Jadilah percaya diri, mengendalikan diri, sederhana dan murah hati. 

II.7 Prinsip Keras Lunak
Para Yin & Yang -Teori (Vietnam: "Am-Duong") menyatakan bahwa segala sesuatu di alam semesta dan di bumi dimulai melalui interelasi dari Yin (negatif) dan Yang (positif). Seperti teori ini ada seni bela diri yang lebih suka keras selama lembut dan lain-lain yang lebih lunak atas keras. Vovinam Việt Vo Đạo tidak menyukai salah satu dari yang lain. Keras dan lunak yang digunakan sama untuk beradaptasi dengan setiap situasi, untuk setiap masalah.
Berdasarkan Vo-Thuật siswa bertujuan untuk mengembangkan kemampuan untuk menggabungkan keras dan lunak pada hubungan yang benar, dalam pertempuran dan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan baik kemampuan fisik maupun semangat siswa. Tidak hanya prinsip harmoni keras dan lunak tetapi juga banyak hal lain yang dihasilkan dari pelatihan berkontribusi internalisasi filosofi seni bela diri, semangat juang misalnya, keberanian, keuletan, kejujuran, kesopanan dan toleransi. Di atas semua moralitas pelatihan dan cara menerapkan teknik yang membentuk karakter siswa.
Kesulitan terbesar adalah untuk melihat melalui ego yang sendiri dan kemudian untuk mengatasinya.Pada keberhasilan dalam melakukan sehingga siswa akan memperoleh Vovinam kedermawanan dan toleransi dengan orang lain.
Dengan kesadaran bahwa hal yang paling penting dalam kehidupan manusia adalah manusia lain tujuan akhir adalah untuk dapat tidak hanya membantu diri sendiri tetapi juga untuk membantu orang lain untuk hidup dalam damai dan harmoni dengan orang-orang sekitarnya.
Dengan salam, "Besi Tangan di atas jantung baik hati" siswa diingatkan tentang prinsip utama dan tentang tujuan Vovinam Việt Vo Đạo dengan pelatihan setiap. Hal ini juga tentang menggunakan kekuatan lawan dan reaksi, sehingga mencapai efek maksimum dengan kekuatan kecil / usaha.





II.8 Logo Vovinam
*      Bentuk logo Việt kuning Vovinam Vo Đạo terdiri dari persegi panjang dan lingkaran, sudut di atas, bulat di bagian bawah. Bentuk ini melambangkan kesempurnaan keras dan lunak, kebenaran, baik dan indah.

*      Logo dibingkai dalam warna biru laut. Teks merah "Vovinam" ditulis di atas laut biru "Vo Việt Đạo". Surat yang menunjuk menunjukkan jalan ke tujuan. Di bawah kebohongan dua kutub Yin (merah) dan Yang (laut biru).

*      Di tengah dua kutub peta kuning Vietnam dapat ditemukan. Simbol dari Yin dan Yang dibingkai oleh lingkaran, putih tebal, melambangkan keberadaan Dao, dengan misi untuk menengahi antara Yin dan Yang, untuk menaklukkan kedua, untuk memungkinkan kehidupan semua makhluk.




II.9 Sabuk Vovinam
Sekolah Vovinam tua memiliki garis-garis biru laut dua sebelum mendapatkan Sabuk Biru. Tetapi baru-baru, beberapa sekolah Vovinam telah berubah di bawah arahan dari Le Sang dan tidak memiliki Light Blue Belt 1 strip, atau dua.
1.      Mengikuti biru muda adalah sabuk biru gelap. Lalu ia / dia adalah "Mon Sinh", mahasiswa.
2.      Biru berarti faktor laut, dan harapan - harapan untuk menjadi sukses dalam belajar Vovinam.

      Dengan 3 ujian berikut garis-garis kuning ditambahkan ke sabuk biru. Garis kuning 3 diikuti oleh sabuk kuning. Siswa telah mencapai tingkat instruktur.

Ø  Kuning itu simbolik singkatan warna kulit semua orang. Ini melambangkan "kulit luarnya" internalisasi dari seni bela diri dan filosofi.
      Dalam seni bela diri lainnya sabuk ini adalah hitam. Oleh karena itu seorang mahasiswa Vovinam yang membawa sabuk kuning diperbolehkan untuk membawa sabuk hitam. Hal ini membuat perbandingan untuk seni bela diri lain lebih mudah, misalnya dalam pertunjukan publik. Seseorang yang mengenakan sabuk kuning dengan satu atau lebih garis dianggap instruktur.
      Setelah dalam jangka waktu yang lama, masing-masing 3 garis merah ditambahkan ke sabuk kuning. Hal ini sesuai dengan 1,, 2 masing-masing Dang 3 (Dan). Ujian berikut garis merah 3 adalah ujian master. Lulus ujian dengan sukses memberikan hak untuk mengenakan sabuk merah dengan kuning perbatasan beredar.

Ø Merah melambangkan darah dan api intensif. Siswa telah diinternalisasi Vo Dao Viet Vovinam lebih jauh 5 sampai 10 Dang ditunjukkan sebagai sabuk merah dilengkapi dengan 1 sampai 6 garis-garis putih.

Ø Putih berdiri untuk infiniteness, tulang, adalah simbol dari kedalaman jiwa. Sabuk putih memberikan master penguasaan mutlak Viet Vo Dao Vovinam.








II.10 Tim Vovinam Indonesia Yang Mendulang Emas Pada Sea Games 2011



      Tim Vovinam putri Indonesia Ni Made Ratna Dewi (kiri) dan Luh Gede Arista Dewi (kanan) menunjukkan medali emas nomor Woman Weapon kategori Perfomance Vovinam Sea Games XXVI di GOR Sunter.


      Delapan medali emas akan diperebutkan pada final cabang olahraga vovinam SEA Games XXVI/2011 di GOR Sunter, Jakarta Utara, Selasa (15/11) hari ini. Ini merupakan hari terakhir pertandingan cabang vovinam.
      Final cabang olahraga asal Vietnam pada hari kedua dimulai pukul 13.00 WIB dengan perebutan nomor tunggal putri tangan kosong yang akan diikuti empat peserta dari Kamboja, Laos, Vietnam dan tuan rumah Indonesia.
      Tujuh nomor final lainnya adalah ganda bersenjata putra, tektik bertahan putri, ganda senjata putri, tunggal senjata putra, ganda senjata putri serta dua partai tarung nomor 55 kg putri dan 60 kg putra. Persaingan terjadi antara Vietnam sebagai menara asal vovinam serta Indonesia sebagai tuan rumah.
      Vietnam sementara memimpin dengan perolehan tiga medali emas, dua perak dan satu perunggu, disusul Indonesia dengan dua emas, satu perak, dan tiga perunggu. "Kans Indonesia masih cukup terbuka untuk meraih medali emas, sekaligus berupaya untuk meraih target di SEA Games," kata Pelatih Vovinam Indonesia I Wayan Sumitra.
      Wayan mengakui keunggulan atlet-atlet Vietnam dalam penguasaan teknik dan pertandingan cabang olahraga itu, terutama pada nomor tarung. Namun, ia tetap berusaha untuk menembus sekecil apapun dari lawannya.
      "Pada nomor seni gerak sangat terbuka bagi Indonesia, namun melihat penampilan hari pertama cukup merata. Ada beberapa peluang kami dari delapan emas yang diperebutkan



















     
Tim Indonesia Yang Berhasil Meraih Emas Pada Sea Games 2011 Pada Cabang Vovinam

      Fantastis tim vovinam Indonesia "Merah Putih" mampu mendulang lima medali emas, satu perak dan delapan perunggu. Juara umum cabang olahraga ini Vietnam dengan raihan lima medali emas, tujuh perak dan dua perunggu. 
Lima emas, torehan luar biasa untuk sebuah cabang olahraga yang belum genap setahun digeluti oleh atlet-atlet Indonesia. Para atletnya sendiri adalah atlet pencak silat. Pertandingan yang berlangsung selama tiga hari itu berlangsung dinamis, karena meratanya peta kekutan atlet vovinam. Sayangnya pada perhelatan yang pertama di ajang SEA Games 2011 ini hanya diikuti oleh empat negara saja yakni Indonesia, Vietnam, Laos dan Kamboja.
            Vietnam yang sebelumnya sempat dikhawatirkan akan menyapu bersih atau mendominasi nomor olahraga tersebut, tidak menjadi kenyataan. Meski secara teknik dan materi atlet lebih menguasai dibandingkan peserta lainnya, negeri itu tidak ‘serakah` dan mereka ikut bergembira dalam perayaan raihan medali emas kontingen lainnya. 
            Meski harus diakui di cabang tarung, Vietnam meraih tiga dari empat medali emas yang diperebutkan. Dominasi tim asuhan pelatih Nguyen Tran Trang itu dipatahkan atlet Laos di kelas 55 Kg putri Chanthanivong yang mengalahkan Nguyen Thi Cham.
            Sedangkan tuan rumah Indonesia sejak awal menggantungkan harapan pada nomor gerak seni. Dan kenyataanya lima medali emas diraih pada nomor gerak seni yakni tunggal bersenjata putri Luh Manik Trisnaderi, teknik serangan kaki, ganda bersenjata putri/ Luh Gede Arista Dewi Ni Made Ratna Dewi, Ni Kadek Wulandari (tunggal tangan kosong) dan medali kelima dipersembahkan Anak Agung Eni Khusumayanti/I Ketut Sulendra pada nomor teknik pertahanan putri.
            "Masih sulit menembus nomor tarung, namun dalam dua tahun mendatang kemungkinan ada kejutan dari kekuatan negara lainnya, Malaysia, Thailand dan Myanmar juga yang lainnya," kata Wiyana.













Hasil Perolehan Dalam Sea Games 2011

Emas
1)      Manik Trisna Dewi - Nomor Single Women Weapon -  Female
2)      Kadek Wulandari - Single Women Without Weapon -  Female
3)      I Ketut Sulendra/Anak Agung Enj Khu - Women's Defence -  Mixed
4)      Ni Made Ratna Dewi/Luh Gede Arista - Women's Weapon Double -  Female
5)      I Gusti Agung Gede, Dewa Gede Tommy Sanjaya, Gede Wisnu Atmadi, I Nyoman Suryawan - Men's Multi Weapon -  Male

Perak
1)      Dewik Pujik Atutik - 50kg -  Female

Perunggu
1)      Ni Putu Evi Windari - 55kg -  Female
2)      Kadek Dwi Dharmadji - 55kg -  Male
3)      I Gusti Ngurah Pujaka - 60kg -  Male
4)      I Kadek Ary Sutara/I Putu Ruwita - Man's Weapon Double -  Male
5)      I Wayan Sumertayasa ­ Single Man Weapon -  Male
6)      I Made Prayana - Single Man Without Weapon -  Male
7)      I Kadek Mogi, I Putu Aris Sanjaya, Dewa made Juni Artana, I Nyoman Suyawan - Men's Attacking By Leg -  Male
8)      Agus Saka Aryadi Putra, I Gede Suwiwa, Ni Luh Kadek Apriyamti, I Gede Kusuma Jaya - Women's Multi Weapon -  Mixed

Hasil Perolehan Medali Vovina SEA Games XXVI (Tanggal 14 s.d 16 November 2011)
1.       Vietnam 5 Emas 2 Perak 7 Perunggu
2.       Indonesia 5 Emas 1 Perak 8 Perunggu
3.       Kamboja 2 Emas 7 Perak 3 Perunggu
4.       Laos 2 Emas 5 Perunggu









II. 11 Perkembangan Olahraga Vovinam Di Bali

            Yayasan Dwijendra Denpasar dan Ketua Yayasan Dwijendra Pusat, Drs. Ida Bagus Gede Wiyana sangat berjasa dalam pengembangan olahraga vovinam di Indonesia dan Asia Tenggara. Untuk itu Standing Vice President World Vovinam Federation, Le Quoc An, Sabtu (15/1) kemarin mengunjungi Dwijendra.

            Le Quoc An juga sempat meninjau pusat pelatihan atlet vovinam di Dwijendra. Kedatangan Le Qouc An ini juga serangkaian mengikuti pertemuan asosiasi tekstil se-Asia di Bali. Kunjungan ke Dwijendra diterima langsung Ketua Yayasan Dwijendra Pusat, Drs. Ida Bagus Gede Wiyana, Wakil Ketua Yayasan Drs. Made S Candrajaya, M.Hum., Dekan Fikom Dra. I.A. Ratna Wesnawati, M.M., Dekan Hukum Putu Dyatmikawati, S.H., M.Hum., pelatih vovinam dan I Nengah Sukama, S.Pd., M.M.

            Ida Bagus Gede Wiyana di vovinam adalah President Vovinam untuk Bali dan Vice President di Asia Tenggara. Ada tiga hal yang dibicarakan dalam pertemuan kemarin yakni mempersiapkan atlet Indonesia di SEA Games, pelatihan bagi para pelatih dan pengembangan olahraga vovinam yang mendunia. Ida Bagus Gede Wiyana mengatakan saat ini pemerintah Vietnam sedang menyeleksi atlet dan pelatih untuk digembleng lagi satu bulan di Vietnam secara gratis. Untuk pelatih akan diambil dari Jakarta dan Bali, sedangkan untuk persiapan SEA Games, Vietnam memberi jatah lebih kepada tim Indonesia.

            Olahraga ini sempat menyelamatkan muka Indonesia di ajang SEA Games dua tahun lalu. Tim Indonesia yang diwakili atlet vovinam Dwijendra dua tahun lalu meraih dua emas bagi Indonesia sekaligus juara umum II dalam Vovinam Indoor di Vietnam. Kini sebagian atlet vovinam Dwijendra juga terpilih untuk mengikuti pelatnas SEA Games.

            Di lain sisi, Le Quoc An menjelaskan sejak dirintis 17 tahun lalu, vovinam sudah memiliki lima federasi di lima negara yakni Vietnam, Kamboja, Laos, Malaysia dan Indonesia. Dalam waktu dekat akan memiliki federasi di Myanmar. Ia mengakui perkembangan vovinam di Asia Tenggara sangat pesat berkat perjuangan dan kerja keras Ida Bagus Gede Wiyana yang memperkenalkan vovinam dari Bali. Olahraga ini kini diakuinya berkembang di daratan Asia.

            Olahraga ini, kata dia, sudah berkembang di empat benua dari Amerika, Eropa, Australia dan Asia di 40 negara. Di Vietnam sendiri memiliki 100 ribu atlet vovinam, 30 ribu atlet di Eropa dan sekarang sedang berkembang di Rusia dan negara sekitarnya. Le Qouc An menargetkan olahraga ini ke depan masuk ke olimpiade.




Bab III
Penutup

III.1 Kesimpulan

            Vovinam adalah olahraga bela diri khas dari Vietnam, olahraga beladiri Vovinam yang berasal dari Vietnam akan menambah jumlah olah raga yang dipertandingkan khususnya dalam cabang olah raga yang dikategorikan bela diri. Vovinam adalah bela diri yang berasal dari Vietnam. Olahraga bela diri ini menggabungkan ketegasan pencak silat dan kelembutan wushu. Pada dasarnya ada kemiripan antara Vovinam dengan cabang olahraga silat, yang merupakan bela diri khas Indonesia.

III.2 Pendapat dan Saran

            Olahraga Vovinam dapat masuk ke Indonesia dan dapat berkembang pesat sehingga peminat olahraga ini mulai banyak penggemarnya. Walaupun olahraga Vovinam ini bukan asli olahraga dari Indonesia, tapi kita hurus memiliki tanggung jawab bersama dalam perkembangan olahraga Vovinam. Terutama agar menambah mendali di pertandingan/perlombaan tingkat dunia. Sehingga negara kita dapat maju lagi melalui olahraga pada umumnya dan Vovinam pada khususnya.  


















DAFTAR PUSTAKA

 

-  Yusuf. 2011. Vovinam, Bela Diri Asal Vietnam. From http://inspirasibaru-yusufsila. Blogspot .com/2011/11/vovinam-bela-diri-asal-vietnam.html . 20 Oktober 2012

- Medan Bisnis. 2012. Berita Vovinam. From http:// www.medanbisnisdaily .com/news/search/? key=Cabang+vovinam&Hal=75. 20 Oktober 2012

- Arief.2011. Daftar nama pemain Pemain vovinam sea games 2011











Tidak ada komentar:

Posting Komentar